• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sembilan Desa Di Kecamatan Ciemas Laksanakan KNOWLEDGE SHARING Perencanaan Terpadu

    PORTALMILITER.COM
    Jumat, 19 Juli 2024, 12:16 WIB Last Updated 2024-07-19T05:16:28Z

     


    PortalMiliter | Sukabumi,-Sebanyak sembilan Desa se Kecamatan Ciemas melaksanakan knowledge sharing perencanaan terpadu berbasis aset komunitas pada Desa Desa di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu mengenai pengumpulan data lapangan Penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Acar berlangsung di Bale Pangripta Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Kamis, 18 Juli 2024.

    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Pembangunan Daerah Bappenas RI Togu Pardede, Plt Kepala Pusat Penelitian BRIN Suci Wulandari, serta Asda II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Sukabumi Fuji Widodo.
    Direktur Pembangunan Daerah, Bappenas RI Togu Pardede mengatakan, kehadiran pihaknya di Kabupaten Sukabumi untuk mendorong pertumbuhan desa di Kawasan Pariwisata. Pasalnya desa merupakan salah satu landasan transportasi Indonesia Emas.
    "Geopark ini menjadi landasan transportasi Indonesia Emas kedepan," ujarnya.
    Desa sebagai salah satu transportasi Indonesia Emas lanjutnya, tentu harus memiliki kriteria diantaranya, melestarikan budaya, ketahanan lingkungan, tata kelola desa yang terpadu, pembangunan sarana dan prasarana, serta pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan.
    "Kami memilih lokasi di kawasan geopark ciletuh ini dengan harapan bisa mempertahankan alam, lingkungan dan sumber daya manusia,"singkatnya.


    Plt Kepala Pusat Penelitian BRIN Suci Wulandari, komitmen BRIN dalam melakukan pendampingan kepada daerah dalam mengatasi permasalahan dan pengembangan produk unggulan daerah sehingga lebih terstruktur dan sistematis sebagai sebuah solusi.
    "BRIN dan pemda dapat saling berkolaborasi terkait kebutuhan-kebutuhan yang bisa dikolaborasikan,"terangnya.
    Dalam risetnya, BRIN bakal meninjau beberapa aspek diantaranya, aspek sumber daya manusia, aspek alam, finanasial, fisik dan asfek sosial.
    Suci mengajak, kepada kepala desa yang mengikuti knowledge sharing dapat mengedukasi seluruh lapisan masyarakat agar selalu mempertahankan dan mengembangkan geopark sehingga kedepan geopark Palabuhanratu menjadi sebuah kebanggaan dunia.
    Sementara itu, Plt Asda II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Kabupaten Sukabumi Fuji Widodo menambahkan, hasil dari penelitian di beberapa desa di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu akan menjadi rekomendasi daerah untuk mengembangkan potensi.
    "Dengan hasil penelitian yang dilakukan Bappenas dan BRIN ini kita akan mendapatkan rekomendasi yang detail, sehingga nanti kedepan geopark akan semakin berkembang," ungkapnya.
    Dirinya berharap dengan riset yang dilakukan BRIN dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

    ( Kurniadi )
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    TNI AU

    +