• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bintek Pemahaman Kode Etik Jurnalistik Dan Mengenal Karya Tulis Jurnalistik Bersama PortalMiliter

    PORTALMILITER.COM
    Senin, 29 Juli 2024, 13:16 WIB Last Updated 2024-07-29T06:18:12Z

     


    PortalMiliter  | 

    Sukabumi –Bersama Media online Portalmiliter Sejumlah insan pers dari berbagai media di Pajampangan mendapat pembekalan dan pencerahan ilmu jurnalistik dari tiga wartawan senior pada acara bimtek jurnalistik yang digelar oleh Pimred media online Portalmiliter.

    Bimtek yang di gelar tersebut berlangsung di Villa Widya Resto Cibuaya, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Minggu (28/07/2024), dengan suasana penuh keakraban.

    Acara tersebut dipandu oleh Kang Bimbi yang populer dengan Sapaan Akrabnya Kang Bewok.

    Bertindak sebagai narasumber tiga (3) orang wartawan senior dari Sukabumi, ketiga orang wartawan senior tersebut di antaranya terdiri, Iwan Sugianto,S.Pd, yang merupakan Ketua Umum Pers Sukabumi Ngahiji (PSN), Agil Rahman Sekjen IWO_indonesia , dan Hariyadi Selaku Pimpinan (DPD) Ikatan Wartawan Online Indonesia ( IWO-Indonesia )  dan Badan Investigasi Nasional IWO Indonesia.

    Menurut keterangan Iwan Sugianto Dinamika yang juga pemilik media One News Oke, ia sengaja diundang untuk khusus memberikan bimbingan dan teknis jurnalistik kepada wartawan berbagai media.

    “Selama sehari di Villa Widya Resto Cibuaya Ciracap, saya memberikan pencerahan berbagai pengetahuan jurnalistik kepada sejumlah wartawan,” ucap Iwan Sugianto.

    Saat sesi penyajian materi berlangsung, Ketum Pers Sukabumi Ngahiji (PSN) ini memaparkan seputar. Kiat Menulis Reportase di Media Massa, Teknik Meliput Berita, Menulis Press Release, Jurnalisme Investigasi, dan Menjadi Editor Berita dan Artikel Opini.

    Dengan pengalaman selama puluhan tahun menjadi wartawan, Iwan menyarankan kepada peserta bimtek, sebelum melakukan penulisan berita, sebaiknya seorang wartawan memperhatikan struktur tubuh berita,

    Dalam praktik pembuatan struktur tubuh berita, ulas Iwan Dinamika, terlebih dahulu diperhatikan judul berita, pungkasnya Iwan Sugianto.

    Ditempat yang sama Agil Rahman menambahkan, menurutnya. Wartawan Saat menulis judul berita, harus menggunakan bahasa efektif dan lugas, yaitu singkat, padat, menarik dan mencerminkan sebuah isi berita.

    Kemudian, saat menulis teras berita (lead), dimulai dari kalimat pembuka dan pesan pokok yang mengandung unsur kelengkapan berita.

    “Di samping itu, seorang penulis berita harus lihai menggunakan kata transisional, yakni cara berpindah dari satu paragraf ke paragraf lainnya, katanya,”ungkap Agil .

    Yang tak kalah penting menurut Ketua DPD IWO-Indonesia  Heriyadi mengatakan “teknik pemaparan berita. Tentang pemaparan ini, maksud yang ingin disampaikan harus jelas, ditulis lengkap, singkat, dan mudah dimengerti oleh pembaca,”imbunya.

    Terakhir,kata dia, Biasannya bagian ini merupakan keterangan pelengkap yang tujuannya menambah kesan pembaca terhadap berita yang disajikan.

    Dalam pengamatannya materi yang sangat antusias diikuti peserta, yaitu materi tentang Jurnalisme Investigasi dan Menjadi Editor Berita.

    Tentang bahasan ini, Heriyadi menegaskan, “banyak jenis-jenis berita yang saat ini dikembangkan para insan jurnalis, juga sangat populer dan disukai banyak pembaca, berita bergaya investigative reporting. Berita model ini sekarang ini, merupakan nyawa media massa saat ini dan akan datang,”terangnya.

     

    Khusus tentang materi Editor Berita, Heriyadi meminta kepada peserta bimtek yang terdiri wartawan dan penulis, kami mencoba untuk menyatukan, agar selalu meningkatkan kualitas karyanya dari hari ke hari.

    Dalam upaya peningkatan kualitas karya tulis ini, kata Heriyadi, dinamika diperlukan kemampuan editing.

    “Karena itu, jadilah editor minimal untuk karya sendiri,” tukasnya.

    Bimtek dan Pelatihan Jurnalistik ini selain penyajian materi Dinamika juga diadakan sesi diskusi, tanya jawab.

    Sehingga suasana Bimtek yang digagas wartawan Media Portalmiliter berlangsung semangat dan peserta yang mengikutinya memiliki animo yang tinggi.

    “kami jajaran Media Online PortalMiliter ,Mengucapkan terimaksih kepada rekan rekan yang hadir , juga kepada yang perduli kepada Acara kami  ,kami ucapkan yterimakasih atas partisipasi nya ,semoga ke depan kami bisa mengadakan agenda agenda lain dalam membangun Negeri ini ,”pungkas Heriyadi ketua DPD IWO-Indonesia juga Pimpinan Redaksi Media Online PortalMiliter

     ( Deden,Dedi ,Kurniadi )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    TNI AU

    +